Tanda Tanda Kanker Prostat!

Tanda Tanda Kanker Prostat memang sangat perlu di perhatikan. Kanker prostat adalah jenis kanker yang paling umum terjadi pada pria. Tanda Tanda Kanker Prostat, sel-sel normal mengalami transformasi di mana mereka tidak hanya tumbuh dan berkembang biak tanpa kontrol normal, tetapi mereka juga membedakan dan dapat menyerang jaringan yang berdekatan.

Tanda Tanda Kanker Prostat yaitu saat Tumor membanjiri jaringan sekitarnya dengan menginvasi ruang mereka dan mengambil oksigen dan nutrisi penting. Tumor pada akhirnya dapat menyerang organ lain  melalui aliran darah dan sistem limfatik. Proses menyerang dan menyebar ke organ lain disebut metastasis. Lokasi metastasis umum termasuk kelenjar getah bening panggul, tulang, paru-paru, dan hati.
Tanda Tanda Kanker Prostat
Diagnosis Kanker Prostat

Tanda Tanda Kanker Prostat


Hampir semua Tanda Tanda Kanker Prostat timbul dari sel-sel sekretori kelenjar di prostat. Kanker yang timbul dari sel kelenjar dikenal sebagai adenokarsinoma. Oleh karena itu, jenis yang paling umum dari kanker prostat adalah adenokarsinoma dan menyumbang lebih dari 95% dari semua kanker prostat. Tanda Tanda Kanker Prostat Yang paling umum adalah nonadenocarcinoma karsinoma sel transisional. Jenis langka lainnya termasuk karsinoma sel kecil dan sarkoma.

Tanda Tanda Kanker Prostat banyak di alami oleh Laki-laki yang lebih tua umumnya memiliki pembesaran prostat, kondisi (non-kanker) jinak disebut benign prostatic hyperplasia (BPH). BPH dapat menyebabkan gejala kencing tetapi tidak terkait dengan kanker prostat (lihat BPH).

Tanda Tanda Kanker Prostat , Menurut Penyebabnya


  1. Kebanyakan pria dengan kanker prostat tidak memiliki gejala. Hal ini terutama berlaku untuk kanker prostat dini. Gejala biasanya muncul ketika tumor menyebabkan beberapa  penyumbatan pada leher kandung kemih atau uretra, gejala yang biasanya muncul antara lain :
  2. Tanda Tanda Kanker Prostat yaitu Kesulitan dalam memulai dan menghentikan aliran urin, peningkatan frekuensi buang air kecil, dan rasa sakit saat kencing. Gejala-gejala ini biasanya disebut sebagai “iritasi” saluran kencing.
  3. Tanda Tanda Kanker Prostat yaitu Aliran urin tidak lancar / berkurang (retensi urin). Pada saat kandung kemih terasa penuh, pasien kesulitan untuk berkemih atau hanya keluar menetes. Gejala-gejala ini biasanya disebut sebagai “obstruktif” saluran kencing. Perlu dicatat bahwa gejala-gejala ini, dengan sendirinya, tidak mengkonfirmasi atau mencerminkan adanya kanker prostat pada setiap individu. Gejala ini juga muncul pada pasien dengan pembesaran prostat non kanker (BPH). Namun, terjadinya gejala-gejala ini harus segera evaluasi oleh dokter untuk menyingkirkan kanker dan memberikan pengobatan yang tepat.
  4. Tanda Tanda Kanker Prostat yaitu Terjadinya infeksi saluran kemih yang berulang. Jika kanker menyebabkan obstruksi kronis (jangka panjang), kandung kemih mungkin akan terpengaruh dan menjadi lebih rentan terhadap infeksi berulang saluran kemih (ISK).
  5. Tanda Tanda Kanker Prostat Terdapat darah dalam urine hematuri. Sel sel kanker kadang bersifat rapuh/mudah berdarah, sehingga ketika pasien berkemih darah akan bercampur dengan urine.
  6. Tanda Tanda Kanker Prostat adalah Nyeri saat ejakulasi disertai mani bercampur darah. Walaupun gejala ini jarang muncul, pasien harus waspada apabila nyeri saat ejakulasi / mani bercampur darah.
  7. Impotensi (ketidakmampuan untuk ereksi) Jika kanker telah menyebar ke organ yang lain (metastasis) gejala yang mungkin muncul antara lain cepat lelah, malaise, dan penurunan berat badan secara drastis. Apabila bermetastasis ke tulang bisa menyebabkan nyeri tulang yang hebat, terutama di pinggul dan patah tulang belakang. Apabila bermetastasis ke rectum / anus akan menyebabkan sembelit atau bahkan sumbatan saluran pencernakan bagian bawah.

0 Response to "Tanda Tanda Kanker Prostat!"

Posting Komentar